Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Duduk Terlalu Lama

Bahaya Duduk Terlalu Lama.

Pada saat ini teknologi semakin berkembang pesat, banyak sekali orang yang memiliki tuntutan pekerjaan untuk melakukan aktivitas duduk. Sedikit sekali orang yang menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan ! Apakah anda sadar bahwa duduk terlalu lama itu sangat berbahaya dan berpeluang besar terkena penyakit yang mematikan seperti serangan jantung, penumpukan lemak, gula darah tinggi, penyakit kanker, syaraf kejepit, otot lemah dll.

Memang banyak sekali sofa empuk yang bisa mendukung untuk membantu pekerjaan anda, namun bukan berarti bisa menghindarkan anda dari resiko duduk terlalu lama. Di karenakan metabolisme tubuh akan menurun jika anda duduk lebih dari 8 jam dengan posisi yang sama , sehingga menyebabkan tubuh mudah sekali terserang penyakit.

Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Terlalu Lama Duduk.

Para ahli kesehatan telah banyak melakukan penelitian bahwa duduk terlalu lama itu tidak bagus untuk kesehatan tubuh sehingga sangat dianjurkan untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Namun jika tuntutan pekerjaan mengharuskan anda untuk duduk berlama-lama sebaiknya sering berganti posisi dan melakukan gerakan setiap beberapa jam sekali.

Otot Menjadi Lemah

Dampak pertama dari duduk terlalu lama saat bekerja atau pada saat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa ada jeda adalah otot tubuh pada kaki dan bokong akan menjadi lemah.

Resiko Terkena Diabetes

Bagi orang yang sering duduk lebih dari 7 jam tanpa gerak dan dilakukan setiap hari maka akan membuat gula darah naik, sehingga dapat meningkatkan terkena penyakit diabetes.

Serangan Jantung

Terlalu lama duduk akan membuat anda mati muda, hal itu di karenakan duduk berjam-jam mengembangkan lemak darah menjadi menumpuk yang akan meingkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu anda terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung yang menjadi penyebab utama kematian mendadak.

Duduk Terlalu Lama Dapat Mempengaruhi Mental.

Mempengaruhi Mental

Bahaya duduk terlalu lama bukan hanya mengganggu kesehatan tubuh, namun juga dapat mempengaruhi mental seseorang ! Karena membuat asupan oksigen dan suplai darah ke otak melemah sehingga mengakibatkan pada fungsi otak yang menurun.

Meningkatkan Resiko Kanker

Hal ini di buktikan oleh sebuah studi yang dimuat dalam the American Journal of Epidemiology pada tahun 2011 menyebutkan bahwa terlalu lama duduk saat bekerja dapat meningkatkan resiko penyakit kanker kolon atau usus besar. Untuk itu dianjurkan melakukan gerakan dan istirahat sejenak jika anda bekerja pada posisi yang sama selama berjam-jam.

Kerusakan Organ Hati

Bahaya duduk terlalu lama menyebabkan aliran darah melemah yang akan membuat asam lemak menyumbat organ hati, karena kerja otot menjadi lambat dalam membakar lemak dalam tubuh.

Sakit Punggung dan Leher

Saat duduk aliran darah memberikan banyak tekanan pada bagian tulang belakang, posisi duduk yang salah akan menyebabkan nyeri pada bagian punggung dan leher.

Langkah Tepat Menjaga Kesehatan Tubuh.

Tips menghindari dampak buruk dari bahaya duduk terlalu lama, Agar anda bisa terbebas dari resiko terkena penyakit berbahaya yang mematikan.

Minum Air Putih Dapat Mencegah Bahaya Terlalu Lama Duduk.

Konsumsi Air Putih Lebih Banyak.

Minum air putih yang banyak dapat membantu melancarkan aliran darah, selain itu mengharuskan anda untuk berdiri mengambil air sehingga mengurangi waktu duduk anda dan juga membuat anda lebih sering pergi ke toilet.

Beranjak Dari Tempat Duduk Setiap Beberapa Jam Sekali.

Segera beranjak dari kursi saat anda menelepon, berdirilah setiap beberapa jam sekali untuk melakukan aktivitas ringan seperti sambil membaca buku.

Duduk Dengan Posisi Benar

Jika memang mengharuskan anda untuk melakukan aktivitas duduk, sebaiknya pilihlah posisi duduk yang benar dan nyaman, agar tubuh tidak terlalu tegang sehingga anda akan terhindari dari sakit punggung dan leher.

Olahraga

Jangan lupa imbangi aktivitas anda dengan olahraga yang teratur, agar otot tubuh selalu kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Karena dengan sering olahraga akan meningkatkan metabolisme tubuh.
Belum ada tanggapan untuk "Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Duduk Terlalu Lama"

Posting Komentar